Berita

[CEK FAKTA] Raja Salman akan Setop Haji Indonesia

Minggu, 13 Juni 2021 - 17:43
[CEK FAKTA] Raja Salman akan Setop Haji Indonesia Tangkapan layar video Raja Saudi Arabia, Salman bin Abdul Aziz akan menyetop haji Indonesia.

TIMES KALTENG, JAKARTA – Video dengan narasi yang menyatakan Raja Saudi Arabia, Salman bin Abdul Aziz akan menyetop haji Indonesia jika Presiden RI Jokowi tidak memecat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. 

Video dengan narasi tersebut beredar di platform Youtube, diunggah oleh channel Gajah Mada TV pada 11 Juni 2021. Video diberi judul "GAK BECUS URUS HAJI! RAJA SALMAN MINTA JOKOWI PECAT YAQUT? KALO MENAGNYA MASIH DIA, KITA STOP HAJI?".

cek-fakta-raja-salman-2.jpgSumber: GAK BECUS URUS HAJI! RAJA SALMAN MINTA JOKOWI PECAT YAQUT? KALO MENAGNYA MASIH DIA, KITA STOP HAJI? | YouTube

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim Raja Salman akan menyetop haji Indonesia jika Presiden Jokowi tidak memecat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, salah. 

Dikutip detik.com, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi menegaskan pembatalan haji tak terkait dengan hubungan Indonesia dan Saudi yang kurang baik. Sebab, selama ini sejumlah kalangan menilai pembatalan haji karena masalah diplomasi.
 
"Masalah pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia. Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media," kata Essam seperti dalam keterangan tertulis di situs MUI, Rabu, 9 Juni 20201.

Selain itu, kata Essam, pembatalan haji tak terkait dengan penggunaan merek vaksin tertentu.

"Saya juga tegaskan, bahwa ini tidak terkait dengan jenis vaksin dan negara produsen vaksin yang digunakan Arab Saudi, dan saya tegaskan, saya tegaskan kembali hingga saat ini belum ada pengumuman apapun terkait dengan penyelenggaraan haji," paparnya.

cek-fakta-raja-salman-3.jpgSumber: Dubes Saudi Tepis Isu RI Batalkan Haji karena Kegagalan Diplomasi | Detik.com

Dikutip cnbcindonesia.com, Sekjen MUI (Majelis Ulama Indonesia) Amirsyah Tambunan mengungkapkan isi pertemuan antara Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia Syekh Ishom Abeed Tsaqafy dengan pengurus MUI pusat di kantor MUI pusat, Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021. Salah satu poin utama yang dibahas berkaitan dengan ibadah haji.

Amirsyah menceritakan kalau Dubes Saudi menghargai keputusan pemerintah yang membatalkan pemberangkatan calon jemaah haji. Hal itu bertujuan untuk memberikan kepastian kepada jemaah.

"Sementara Arab Saudi memang belum memberikan izin dari berbagai negara manapun. Jadi kalau ada beredar isu 11 negara, itu tidak ada sama sekali, itu berita hoaks, satu negarapun belum diberikan izin. Faktor untuk mengutamakan keselamatan jiwa, yaitu ibadah haji, karena masih era pandemi Covid-19 yang sangat berbahaya," ujar Amirsyah kepada CNBC Indonesia, Selasa (8/6/2021).

cek-fakta-raja-salman-4.jpgSumber: 'Arab Saudi Belum Memberikan Izin Haji ke Negara Manapun' | CNBC Indonesia

KESIMPULAN

Klaim Raja Salman bin Abdul Aziz akan menyetop haji Indonesia jika Presiden Jokowi tidak memecat Menteri Agama Gus Yaqut merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut termasuk dalam kategori Misleading Content (konten menyesatkan).

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kalteng just now

Welcome to TIMES Kalteng

TIMES Kalteng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.